Dari Pekanbaru Menuju Palembang Naik Bus

Pekanbaru

 

Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau di Indonesia, merupakan kota yang sangat metropolitan. Apabila diartikan secara langsung, nama kota ini memiliki arti pasar baru dan kota ini merupakan kota pelabuhan perdagangan yang terbentuk secara alami karena lokasi kota ini dekat dengan Selat Malaka. Total luas area kota ini adalah 450 km2 dan memiliki jumlah total penduduk sekitar 800.000 orang. Kota ini telah memenangkan beberapa penghargaan karena kota ini merupakan salah satu kota yang terbersih di dunia. Kota ini sebelumnya hanya digunakan sebagai tempat transit bagi penumpang yang akan bepergian keluar dan masuk Singapura. Pekanbaru adalah salah satu kota besar, karena di Indonesia kota ini berfungsi sebagai pintu gerbang ke Singapura dan menjadi pintu gerbang menuju Indonesia dari Singapura. Mungkin kota ini memang bukan tempat wisata turis terbaik tetapi di dalam kota ini terdapat beberapa atraksi terbaik yang pastinya tidak akan mau Anda lewatkan. Salah satunya adalah Masjid An-Nur, yang merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Di kota ini juga terdapat beberapa museum yang menjadi tempat bagi beberapa artefak-artefak budaya terbaik. Pada saat Anda mengunjungi kota ini, pastikan untuk mengunjungi taman untuk memancing ikan.

 

Palembang

 

Palembang dianggap sebagai salah satu kota metropolitan utama di Negara Indonesia dan memiliki jumlah total penduduk sekitar 600.000 orang. Kota ini terletak tepat di sebelah tepi Sungai Musi dan hanya berjarak 200 km dari pantai. Alasan banyak pebisnis sering mengunjungi kota ini karena kota ini merupakan salah satu kota yang memiliki sumber minyak terkaya. Palembang merupakan kota yang digunakan sebagai kota perdagangan penting antara Negara India dan Negara Cina. Nama kota ini berasal dari kata Limbang. Kota ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan, pusat pariwisata, pusat industri dan yang tidak kalah penting kota ini juga merupakan pusat perdagangan.

 

Salah satu jenis alat transportasi paling baik di Indonesia adalah bus. Kebanyakan masyarakat setempat lebih memilih untuk bepergian dengan bus dibandingkan harus terjebak kemacetan dalam perjalanan dan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli bensin,. Frekuensi bus juga cukup teratur dengan bus yang tiba hampir setiap 15 menit. Saya sangat menyarankan Anda untuk memesan terlebih dahulu tiket bus dari redbus.id dikarenakan tiket bus sangat cepat terjual habis. Redbus memberikan Anda kebebasan untuk memilih dari berbagai kelas bus seperti ekonomi, ekspres dan VIP, di samping itu Redbus juga menawarkan tiket bus dengan diskon besar. Biaya perjalanan menggunakan bus akan berkisar antara Rp 50.000,- sampai Rp 200.000,- tergantung dari kelas bus mana yang ingin Anda pesan. Jika Anda ingin bergegas, saya akan merekomendasikan Anda untuk memesan tiket bus ekspres karena tidak mempunyai banyak tempat pemberhentian dan pastinya akan membawa Anda ke tempat tujuan Anda lebih cepat. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, Anda bisa memesan tiket bus ekonomi. Bus VIP ini kelasnya terpisah dan ditambah dengan fasilitas-fasilitas mewah seperti kursi bersandar, film dan juga makanan ringan. Pesanlah tiket bus Anda dan pergilah berpetualang ke setiap bagian kota.

 

Ada beberapa bus yang beroperasi di rute antara Pekanbaru dan Palembang. Namun, satu operator yang saya rekomendasikan adalah operator bus Yoanda. Mereka menawarkan dua kelas bus yaitu bus reguler dan bus ekspres pada rute ini. Harga tiket bus ekspres sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang tiket bus reguler dan saya sarankan Anda untuk memesan tiket bus ekspres jika Anda memiliki kendala waktu liburan. Biaya perjalanan dengan menggunakan bus sekitar Rp 290.000,- per orang. Satu bus berangkat jam 10 pagi dari Terminal Bus Pekanbaru dan langsung akan mengantar Anda ke Palembang. Durasi perjalanan dari Pekanbaru ke Palembang kira-kira 10 jam tergantung dari pukul berapa Anda memulai perjalanan.

 

 

 

View justitia's Full Portfolio
tags: