Malang ke Jakarta dengan Naik Bus

Malang dianggap sebagai salah satu kota terbersih dan memiliki udara paling sejuk yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota ini sudah lama terkenal dengan budaya dan tradisinya. Artefak sejarah yang banyak terdapat di tempat ini menunjukkan bahwa Kota Malang telah memainkan peran penting dalam berbagai era sejarah. Tempat ini terkenal dengan pantainya yang indah dan ada banyak penduduk setempat yang mengunjungi tempat ini untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan teman dan keluarga.

Saya melihat banyak sekali wisatawan seperti Saya yang lebih memilih untuk mengunjungi candi-candi di Kota Malang daripada pergi bermain-main di pantai. Saya berpikir mungkin karena semua candi ini memiliki nilai budaya dan tradisi yang menarik bagi mereka. Tempatnya mungkin tidak seluas dan seramai seperti  Kota Surabaya tapi kota ini adalah salah satu kota yang harus Anda kunjungi saat Anda bepergian ke Provinsi Jawa Timur. Karena iklimnya yang sejuk, kota ini sangat terkenal disebut sebagai kota apel oleh para penduduk setempat. Jika Anda berkunjung ke kota ini, pastikan untuk mengunjungi kebun binatang yang mempunyai konsep unik yang belum pernah Saya lihat di tempat-tempat lain sebelumnya. Anda bisa melihat berbagai jenis binatang yang diletakkan di dalam sebuah kaca dan dibatasi dengan bebatuan. Pergi ke tempat ini pasti akan sangat mengesankan bagi anak-anak karena di sini mereka bisa belajar tentang hewan dengan cara yang menyenangkan.

Tempat rekreasi lain yang cukup terkenal yang Saya kunjungi adalah Batu Night Spectacular. Tempat ini dihiasi dengan lampu-lampu yang indah di malam hari dan Anda juga bisa melihat lampu hias yang ditempatkan pada wahana yang akan memacu adrenalin Anda. Di sisi seberang tempat ini, Anda akan melihat pasar malam yang menjual berbagai jenis barang. Ada akan menemukan beberapa kerajinan tangan paling unik yang ditawarkan oleh Kota Malang. Karena Kota Malang adalah kota kecil, Saya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk berkeliling ke seluruh bagian kota. Pada hari ketiga Saya sudah siap untuk mengunjungi kota tujuan selanjutnya yaitu Kota Jakarta. Karena tidak ada penerbangan menuju Kota Jakarta, akhirnya Saya memesan tiket bus dari situs ini Redbus.id. Percayalah bahwa pengalaman menggunakan bus ini cukup memuaskan. Saya akan memikirkan kembali pilihan perjalanan Saya ke seluruh Indonesia setelah perjalanan ini.

Seperti yang tertera pada website ini, ada dua operator bus, yaitu Pahala Kencana dan Kramat Djati (KD) yang mengoperasikan bus setiap hari dari Kota Malang ke Kota Jakarta. Pahala Kencana memiliki lebih dari 15 bus yang beroperasi sepanjang hari dari pukul 00.00 tengah malam sampai jam 14.00 siang hari. Karena perjalanan antara kedua kota ini adalah perjalanan yang panjang, Saya akhirnya memesan tiket bus yang berangkat pada pukul 00.00 tengah malam. Harga tiket untuk satu orang adalah Rp 300,000, - yang menurut Saya cukup terjangkau. Ada juga operator bus mewah Kramat Djati untuk orang-orang yang menyukai kemewahan. Kursi di bus ini sangat nyaman dan memiliki banyak ruang untuk meletakkan kaki dan siku. Biaya tiket sedikit lebih mahal, dimulai dari Rp 450.000,-. Kramat Djati hanya memiliki 3 bus yang beroperasi sepanjang hari yaitu pada pukul 00.30 pagi hari, pada pukul 12.30 siang hari dan yang terakhir berangkat ke Kota Malang pada pukul 17.30 sore hari. Ada sekitar 25 kursi di setiap bus yang akan membuat perjalanan Anda nyaman.